MPR-Bupati dan Walikota Se-Indonesia Tandatangani MoU

“Salah satu upaya untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang datang baik dari luar maupun dalam, harus kembali berpegangan dengan anjaran leluhur bangsa atau the founding fathers dengan sosialisasi 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika”
  Rhemamanado - Hari ini Senin (19/11/2012) seluruh Bupati/Walikota se Indonesia mengikuti pertemuan dalam rangka pembukaan sosialisasi empat pilar kebangsaan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara MPR dengan Bupati dan Walikota se Indonesia. Kegiatan ini digelar di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI.

Walikota Manado Vicky Lumentut mengatakan bahwa salah satu upaya untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang datang baik dari luar maupun dalam, harus kembali berpegangan dengan anjaran leluhur bangsa atau the founding fathers. Dengan kembali mensosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yang saat ini lebih populer disebut empat pilar kebangsaan, “yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika,” tegas Vicky dalam kegiatan tersebut.

Meski begitu namun masih ada yang beranggapan bahwa empat pilar tersebut hanyalah sekedar slogan saja, bahkan empat pilar ini hanya sekedar jargon politik saja. “Padahal jika kita tinjau bersama makna dan definisi pilar sebenarnya adalah tiang penyangga suatu bangunan dan memiliki peran yang sangat sentral,” ujar Walikota.

Dalam konteks APEKSI, sejak berdirinya organisasi tersebut telah berupaya untuk menumbuhkembangkan nasionalisme. “Semenjak tahun 2000 APEKSI telah menggelar kegiatan kesenian dari berbagai budaya dan daerah, pawai budaya serta mempromosikan UKM di setiap kegiatan APEKSI,” tuturnya.

Wakil ketua MPR Hj Melani Leimena Suharli dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, pemantapan 4 pilar kebangsaan harus di mulai dari daerah. “Sebab Bupati dan Walikota adalah stakeholder di daerah. Sehingga peran dari pemerintah di daerah sangat penting,” tegasnya.

Hadir pada kegiatan ini Walikota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA selaku Ketua APEKSI, Wakil ketua MPR RI Hj Melani Leimena Suharli, sejumlah anggota MPR dan DPD serta seluruh Bupati dan Walikota se Indonesia. ***Hms